Cara Merawat Hidung Agar Bersih Dan Sehat Serta Agar Tidak Berkomedo

Tuesday, June 5th 2018. | Perawatan Wajah

Untuk kalian yang saat ini merasa sangat membutuhkan panduan cara merawat dan membersihkan hidung agar bersih dan sehat silahkan baca disini.

Hidung merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki peranan penting sebagai indera penciuman. Hidung juga berfungsi sebagai penghangat dan pelembab udara yang kita dirup sebelum masuk ke dalam paru-paru. Untuk itu, anda wajib mengetahui bagaimana cara merawat hidung agar tetap bersih dan menyehatkan seperti yang akan kita ulas di bawah ini.

karena itulah pada kesempatan yang langka seperti hari ini saya selaku penulis blog ini akan membagikan beberapa kebiasan sepele yang bikin hidung kita jadi lebih sehat dan bersih serta terhindar dari yang namanya komedo. Baiklah tanpa perlu banyak kata lagi yuk kita simak saja panduan cara merawat hidung agar bersih dan terhindar dari beragam penyakit yang ada dibawah sini.

Tips Bagaimana Cara Merawat Hidung Agar Bersih Dan Sehat Serta Agar Tidak Berkomedo Dengan Melakukan Beberapa Kebiasaan Sepele Berikut ini

1. Bersihkan Hidung Dengan Teratur

Sebelum anda beraktifitas terutama untuk kaum wanita, tentu menjadi hal yang wajar menghiasi wajahnya dengan ber make up. Begitupun setelah beraktifitas, anda dianjurkan membersihkan wajah bermake up anda dengan menggunakan sabun pembersih muka.

Berikut cara melakukannya

– Basuh wajah anda dengan air yang mengalir.
– Kemudian aplikasikan sabun tersebut ke semua area wajah anda termasuk hidung.
– Lalu gosok bagian hidung secara perlahan karena pada bagian sinilah kotoran menumpuk.
– Bersihkan area hidung bagian dalam dan bagian luar minimal 1 kali dalam sehari.

2. Lindungi Hidung Saat Beraktivitas

Untuk melindungi hidung anda dari debu, asap kendaraan dan kotoran lainnya maka menggunakanlah masker selama anda beraktivitas di luar rumah. Hal ini bertujuan supaya saat kita menghirup udara yang berpolusi maka penggunaan masker tersebut akan meminimalisir udara yang berbahaya seperti asap kendaraan.

3. Hindari Penyebab Alergi

Alergi sering kali disebabkan karena menghirup sumber alergi tersebut seperti debu, bulu hewan, serbuk sari, asap rokok, asap kendaraan, dan lain sebagainya. Untuk memberikan proteksi yang lebih agar sehat maka anda bisa menggunakan masker wajah.

4. Tingkatkan Kualitas Udara Bersih

Di zaman sekarang ini kualitas udara bersih sangatlah minim terutama di daerah perkotaan yang mana banyak sekali polusi udara dari kendaraan, pabrik dan masih banyak yang lain. Oleh sebab itu, mulailah dari sekarang anda terapkan gerakan go green di sekitar lingkuangan anda guna memperbanyak udara bersih dan segar sehingga hidung andapun jadi lebih terawat.

Cara melakukannya yaitu

– Tanamlah tumbuhan yang bisa menyerap karbondioksida di sekitar rumah anda, sehingga udara bersih yang terdapat di lingkuang rumah anda menjadi terjaga kesegarannya.
– Debu biasanya sering banyak terdapat di bantal dan guling, sprei ranjang, karpet, gordyn, hiasan, dan tempat lainnya yang memicu menjadi sarang debu. Untuk itu, sebaiknya anda rutin mengganti, membersihkan, dan mencuci perlengkapan tersebut.
– Letakan filter udara pada pada lubang ventilasi atau lebih baik lagi menggunakan AC.
– Dianjurkan untuk rutin membersihkan seluruh ruangan rumah anda seperti mengepel, menyapu, membersihkan perabotan entah itu lemari, meja, TV dan lainnya.

5. Jangan Membersihkan Lubang Hidung dengan Jari

Tidak dianjurkan untuk membersihkan kotoran lubang hidung dengan menggunakan tangan, hal ini karena bila lubang hidung anda tergores kuku maka bisa memicu terjadunya infeksi. Solusinya yang lebih aman, sebaiknya anda menggunakan kain atau sapu tangan yang basah. Bila sudah dirasa bersih, selanjutnya anda gunakan sapu tangan kering untuk mengelap bagian yang basah tersebut.

6. Bersihkan Lendir Secara Perlahan

Biasanya ketika anda sedang flu, pasti hidung mengeluarkan lendir. Lalu secara otomatis pasti anda akan mengeluarkan lendir tersebut dengan cara memencet hidung bukan! Nah pada saat anda memencet hidung untuk mengeluarkan lendir maka janganlah terlalu kuat ya, karena akan menyebabkan kulit hidung menjadi lecet sehingga bisa iritasi ketika terkena lendir tersebut. Untuk itu lebih baik menggunakan tisu yang lembut sebagai media untuk membersihkan lendir di hidung.

7. Lakukan Uap Hidung

Melakukan uap hidung sangat berguna untuk menghilangkan komedo serta membantu anda ketika sedang mengalami gangguan pernafasan dan hidung tersumbat. Selain itu anda juga bisa mengkombinasikan air hangat dengan wewangain aroma terapi sebagain media merelaksasi hidung anda. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk anda melakukan uap hidung sebanyak 2-4 kali dalam sebulan.

8. Bersihkan Hidung dengan Air Garam

Tahukah anda bahwa membersihkan hidung dengan menggunakan air garam ternyata bisa menyembuhkan sinusitis sekaligus membersihkan kotoran yang ada di lubang hidung.

Berikut cara melakukannya

– Tuangkan air hangat yang telah di campur dengan garam ke dalam netipot atau pot khusus pembersih hidung.
– Setelah itu masukan larutan air garam ke salah satu lubang hidung anda.
– Lalu keluarkan dari lubang hidung yang satunya dan begitupun sebaliknya.

9. Jaga Kelembaban Udara

Cara yang terakhir untuk merawat hidung ialah dengan anda menjaga selalu kualitas kelembaban udara yang baik di sekitar anda. Udara yang baik itu ialah udara yang stabil, tidak kering juga tidak terlalu lembab. Jika udara kering maka akan menyebabkan sinus mengering juga, sedangkan jika udara terlalu lembab maka lingkungan sekitar anda akan menjadi sarang bagi jamur, debu dan tungau. Itulah sebabnya anda harus menjaga kestabilan udara di sekitar anda dengan menggunakan bantuan humidifier atau vaporizer.

Fungsi Bagian Bagian Hidung

Hidung memiliki banyak sekali bagian dan setiap bagian itu memiliki fungsi yang berbeda-beda.

– Lubang hidung berperan sebagai pintu masuk udara, menghasilkan lendir dan menahan kotoran besar masuk ke dalam hidung.
– Bulu hidung berperan untuk penyaring kotoran yang terkandung pada udara yang masuk hidung.
– Rongga hidung berperan sebagai indera penciuman.
– Sel saraf pembau bersama dengan rongga hidung berfungsi membuat kita dapat mencium segala aroma.
– Sinus berperan membantu melembabkan udara yang kita hirup dan memperbesar suara.
– Tulang rawan berperan untuk pembentuk hidung dan setiap individu bentuk rawannya berbeda-beda.
– Septum merupakan pemisah hidung atau penyekat yang menyebabkan hidung memiliki dua rongga.
– Saluran penghubung hidung dengan tenggorokan berperan menghubungkan hidung dengan tenggorokan.

Demikian penjelasan mengenai Tips Cara Merawat Hidung Agar Bersih Dan Sehat Serta Agar Tidak Berkomedo yang bisa saya tulis dan bagikan kepada kalian semua.

Info Terkait Cara Merawat Hidung Agar Bersih Dan Sehat Serta Agar Tidak Berkomedo

cara membersihkan hidung dengan air garam, cara membersihkan komedo hidung, cara membersihkan kotoran hidung bayi baru lahir, cara membersihkan upil kering pada bayi, cara mengeluarkan kotoran hidung yang kering pada bayi, cara merawat hidung agar mancung, cara merawat hidung agar tidak berkomedo, jelaskan apa saja yang merusak hidung, kotoran hidung bayi masuk ke dalam, kotoran hidung mengeras, kotoran hidung terbesar, perawatan hidung agar mancung, cara agar hidung sehat dan tidak berkomedo